Program Unggulan

  • Adipura

Adipura merupakan salah satu program kerja dari Kementerian Lingkungan Hidup yang berlingkup nasional dalam rangka mewujudkan kabupaten/kota yang berwawasan lingkungan menuju pembangunan yang berkelanjutan.

Kabupaten / kota berwawasan lingkungan adalah kabupaten / kota yang pembangunannya memperhatikan dan mempertimbangakn keselarasan antara fungsi lingkungan hidup ,sosial dan ekonomi yang mendukung pembangunan yang berkelanjutan. Program Adipura bertujuan untuk mendorong pemerintah kabupaten / kota dan membangun partisipasi aktif masyarakat melalui penghargaan Adipura untuk mewujudkan  kota –  kota yang berkelanjutan,baik secara ekologis,sosial, dan ekonomi melahui penerapan prinsif – prinsif tata kepemerintahan yang baik di bidang perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup yang berkelanjutan demi tercapainya lingkungan yang baik dan meningkatkan kesejahteraan rakyat .

Pada Tahun 2012, kota Ponorogo berhasil menerima anugerah Adipura 2012 dengan peringkat nomor 10 untuk kategori kota kecil. Sedangkan tahun 2013, Kabupaten Ponorogo kembali meraih anugerah Adipura dengan peringkat nomor 55 se-Indonesia.

  • Adiwiyata

Program  Adiwiyata yang merupakan realisasi Kesepakatan Bersama (MOU) antara Menteri Lingkungan Hidup dengan Menteri   Pendidikan Nasional yang ditandatangani tanggal 3 juli 2005. Program Adiwiyata yaitu sekolah peduli dan berbudaya lingkungan dimasudkan untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman mengenahi wawasan lingkungan hidup kepada perserta didik dan masyarakat. Prinsip dasar Adiwiyata adalah partisipatif dan Berkelanjutan . Indikator dan kriteria program Adiwiyata sebagai berikut :

  1. Pengembangan kebijakan sekolah peduli dan berbudaya lingkungan ,
  2. Pengembangan kurikulum berbasis lingkungan ,
  3. Pengembangan kegiatan berbasis partisipatif,
  4. Pengembangan atau pengelolaan sarana pendukung sekolah.

Tujuan Program Adiwiyata adalah menciptakan kondisi yang baik bagi sekolah  agar menjadi tempat pembelajaran dan penyadaran warga sekolah ( guru , murid dan pekerja lainnya), sehingga di kemudian hari warga sekolah tersebut dapat turut bertanggung jawab dalam upaya – upaya penyelamatan lingkungan dan pembangunan berkelanjutan.

Tahun 2013, sekolah penerima Adiwiyata di Kabupaten Ponorogo adalah SMKN I Jenangan.

  • Desa Berseri (Bersih dan Lestari)

Selama ini desa selalu dipandang rendah dalam pembangunan ekonomi dan kualitas manusia, padahal desa sangat berperan besar dalam perkembangan perkotaan dan merupakan titik awal pembentukan kualitas manusia dalam mewujutkan dan terciptanya investasi pembangunan yang berkelanjutan.

Desa/Kelurahan Berseri merupakan suatu desa/kelurahan yang menghambarkan keadaan lingkungan desa/kelurahan dengan aktivitas ekonomi yang dilakukan secara seimbang dan disesuaikan dengan potensi serta daya dukung lingkungan sehingga aktivitas ekonomi dapat dipertahankan dengan tanpa mengabaikan kelestarian lingkungan. Melalui Program Berseri dapat tercipta lingkungan yang bersih, sehat, lestari dan indah serta mendorong partisipasi masyarakat desa untuk mengungkit potensi lokal sebagai produk khas desa yang bernilai ekonomis tanpa mengorbangkan lingkungan (ramah lingkungan).

Tahun 2012, desa yang terpilih dalam Program Berseri adalah Desa Campursari Kecamatan Sambit (kategori Berseri Rintisan) dan Desa Surodikraman Kecamatan Ponorogo (kategori Berseri Pratama).

  • Keanekaragaman Hayati

Dalam rangka menjaga agar pemanfaatan sumber daya alam hayati di Kabupaten Ponorogo dapat berlangsung dengan sebaik – baiknya maka diperlukan langkah – langkah konservasi sehingga sumber daya alam hayati akan ekosistemnya selalu terpelihara dan mampu mewujudkan keseimbangan.

Penetapan mengenahi Taman Keanekaragaman Hayati telah diputuskan dalam Keputusan Bupati Nomor 1139 Tahun 2012 tentang Penetapan Lokasi Taman Keanekaragaman Hayati di Kabupaten Ponorogo, adapun letak Taman Keanekaragaman Hayati  di tanah eks bengkok kelurahan Cokromenggalan Kecamatan Ponorogo (Jl.Raya Ponorogo -Madiun) seluas 37.146 m2. Dalam Keputusan Bupati Ponorogo  tersebut , telah disebutkan bahwa fungsi keberadaan Taman Keanekaragaman Hayati adalah :

  1.  Menambah Ruang Terbuka Hijau (RTH) dan paru – paru kota;
  2.  Sebagai tempat untuk menyelamatkan berbagai jenis tanaman dan satwa  lokal ;
  3. Pengembangan sarana rekreasi karyawisata ekowisata;
  4. Sarana penelitian dan konservasi aneka jenis tanaman lokal dan satwa langka;
  5.  Sarana pengetahuan bagi masyarakat tentang tanaman dan satwa langka.

Kegiatan pembangunan taman kehati juga dimaksudkan untuk memenuhi salah satu pemantauan program Adipura khususnya pemantauan fisik dalam hal pengelolaan Ruang Terbuka Hijau(RTH).

  • Bank Sampah

Bank Sampah tidak berbeda jauh dengan bank yang bergerak  dalam dunia ekonomi pada umumnya . Warga atau yang disebut dengan nasabah mengumpulkan  sampah organik  atau nonorganik . Dalam jangka waktu tertentu, ada petugas atau teller yang keliling dan datang kerumah pada nasabah. Nantinya sampah yang masuk ke bank tersebut akan di pilah , dipilih yang bermanfaat. Baik sampah organik maupun nonorganic  akan diolah menjadi kompos ataupun kerajian lainnya .

Kantor Lingkungan Hidup Kabupaten  Ponorogo telah melakukan upaya dalam rangka mereduksi jumlah timbunan sampah, salah satunya dengan mendirikan Bank Sampah. Bank Sampah yang dijadikan proyek percontohan berada di Jl. Kamajaya No.6 RT 02/RW02 Kelurahan Surodikraman Kabupaten Ponorogo.Bank  Sampah Surodikraman berdiri pada tanggal 25 April 2011. Adapun mekanisme yang dilaksanakan di Bank Sampah ini adalah mengumpulkan sampah anorganik (botol plastic,gelas plastik, karton, botol kaca, kaleng, dan sebagainya)di sekitar kelurahan melalui ibu ibu PKK kemudian dikumpulkan ke Bank Sampah. Saat ini telah tedapat beberapa Bank Sampah di Kabupaten Ponorogo, antara lain

  1. Bank Sampah “Pilang Suko” RT 03 RW 05 lingkungan Krajan Kelurahan Surodikraman
  2. Bank Sampah “Ngudi Asri”Desa Campursari Kecamatan Sambit
  3. Bank Sampah “Sumber Rejeki” Desa Tulung Kecamatan Sampung.

 

Bagikan:
Share on Facebook0Tweet about this on Twitter0Share on Google+0Print this page

One thought on “Program Unggulan

  • January 19, 2015 at 1:23 PM
    Permalink

    bravo buat Lingkungan Hidup !!! semoga website ini akan senantiasa update dan membawa kemanfaatan bagi masyarakat luas.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *