Sosialisasi Pengolahan Limbah Plastik dan Kain Perca

Senin (8/6/2015) bertempat di Gedung Korpri telah diselenggarakan acara sosialisasi dari Kegiatan Peningkatan Kemampuan dan Ketrampilan Pengolahan Limbah Plastik dan Kain Perca Bagi Masyarakat di Lingkungan Daerah Penghasil Bahan Baku Industri Tembakau Kabupaten Ponorogo Tahun 2015. Acara dihadiri oleh kader lingkungan dari kelurahan wilayah pantau Adipura dan pengurus Bank Sampah Kabupaten Ponorogo. Bertindak selaku pemimpin acara adalah Kepala Kantor Lingkungan Hidup Kabupaten Ponorogo Bapak Ir. H. Adam Parikesid, MM. Sosialisasi berlangsung selama 4 hari mulai tanggal 8 Juni hingga 11 Juni 2015. Maksud dan tujuan sosialisasi ini untuk merubah perilaku masyarakat terhadap sampah agar mau mengelola sampah yang dihasilkan, meningkatkan pengetahuan, ketrampilan, komitmen dan kesadaran tentang nilai – nilai dan isu lingkungan hidup serta untuk menciptakan lapangan kerja dan memberi penghasilan tambah bagi masyarakat desa/kelurahan.

Dalam acara sosialisasi ini, disampaikan beberapa materi yaitu :

  • Hari pertama (8/6/2015) pembuatan keset dari kain perca oleh Bapak Parbo Hadi dan Ibu Wiwik Pujiastuti. Keduanya adalah kader lingkungan dari Kelurahan Surodikraman Kabupaten Ponorogo. Pembelajaran pembuatan keset ini dimaksudkan agar masyarakat mampu mengelola kain bekas barupa perca atau kain bekas lainnya untuk didaur ulang (recycle) sehingga dapat dimanfaatkan kembali barang – barang tersebut.
  • Hari kedua (9/6/2015) materi tentang kebijakan Pemerintah Daerah tentang Pengelolaan Persampahan dengan narasumber Bapak Henry Indrawardana, SE, M.Si selaku Kepala Bidang Kebersihan dan Pertamanan Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Ponorogo. Dilanjutkan dengan materi pembuatan barang – barang dari bungkus plastik bekas seperti membuat bros dan tas oleh Ibu Asri Nursetyaningsih, kader lingkungan dari Kelurahan Surodikraman Kabupaten Ponorogo.
  • Hari ketiga (10/6/2015) pembuatan bunga dari kresek bekas dengan narasumber Ibu Ida Royani dan Ibu Siti Badiah, pengurus bank sampah di Kelurahan Paju.
  • Hari keempat (11/6/2015) materi tentang strategi pemasaran barang – barang daur ulang dengan narasumber Ibu Dina Trisiana Iskandar, ST dari Dinas Industri, Perdagangan, Koperasi dan UKM (Dinas Indagkop) Kabupaten Ponorogo, dilanjutkan dengan pembuatan tas dari kresek bekas oleh Ibu Ida Royani dan Ibu Siti Badiyah, pengurus bank sampah Kelurahan Paju.

Pada sosialisasi ini, masing – masing kelompok kader lingkungan mendapatkan bantuan mesin jahit dari Kantor Lingkungan Hidup Kabupaten Ponorogo sebagai sarana untuk pembuatan tas, keset dari barang – barang bekas. Kegiatan Peningkatan Kemampuan dan Ketrampilan Pengolahan Limbah Plastik dan Kain Perca Bagi Masyarakat di Lingkungan Daerah Penghasil Bahan Baku Industri Tembakau merupakan salah satu kegiatan Kantor Lingkungan Hidup Kabupaten Ponorogo Tahun 2015 yang bersumber dari DBHCHT (Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau).

serah terima mesin jahit

pembuatas tas dr plastik

bros

bunga dari kresek

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *